Sejarah Awal Google


Bermula dari Garasi, hingga Mendunia








Semua orang pasti sudah mengenal Google. Google merupakan mesin pencari terbesar dan paling sering digunakan oleh pengguna internet. Saat ini (2011) Google memuncaki klasemen web terbaik di ikuti oleh Facebook, You Tube, dan Yahoo. Google telah menciptakan beberapa tonggak yang sangat mengesankan, dari waktu ke waktu dan terus tumbuh pesat setiap hari. Sebaiknya kita lebih mengenal sejarah perkembangan Google, seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang".




Berawal dari pertemuan antara dua mahasiswa Universitas Stanford. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin. Pada awalnya mereka tidak merasa cocok. Hal ini disebabkan ketidakcocokan mereka terhadap topik yang mereka bicarakan. Tetapi dibalik ketidakcocokan tersebut mereka mempunyai persamaan juga, yaitu mencari dan menemukan informasi yang relevan dari sekumpulan data yang besar.
Pada tahun 1996, dua mahasiswa lulusan ilmu komputer ini mulai mengembangkan sebuah mesin pencari yang bernama BackRub. Mesin pencari ini telah beroperasi di Stanford Server selama lebih dari satu tahun, akhirnya terlalu banyak mengambil bandwidth dari kapasitas Universitas (Stanford). Larry dan Brin akhirnya memutuskan untuk mengganti nama BackRub. menjadi Google 





Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. ''Kami bertemu dengan Andy pada pagi buta, di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto,'' ujar Sergey. ''Kami memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama. Lalu, dia hanya berkata, 'Mengapa tidak aku tulis cek untuk kalian?''

Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.


Pada Desember 1998, PC Magazine melaporkan bahwa Google memiliki bakat luar biasa untuk mengembalikan hasil yang sangat relevan dan mengakui sebagai 100 Top Web Site untuk tahun 1998.

Mereka kemudian melanjutkan untuk menjadi internet paling sukses yang pernah. Awal tahun 1999 mereka membuat kesepakatan dengan Sequoia Capital dan Kleiner Perkins sebesar $ 25 juta. Pada bulan November 1999 Charlie Ayers bergabung dengan Google sebagai koki pertama perusahaan. Pada bulan April 2000. Google mengumumkan program MentalPlex, yang memandang kemampuan perangkat lunak untuk membaca pikiran Anda saat Anda memvisualisasikan hasil pencarian yang Anda inginkan. Pada bulan Juni 2000, Google bermitra dengan Yahoo! untuk menjadi default penyedia pencarian mereka. Juga pada bulan Juni mereka mengumumkan indeks miliar URL pertama, membuat Google menjadi mesin pencari terbesar di dunia. Pada bulan September 2000 mereka mulai menawarkan pencarian dalam bahasa Cina, Jepang, dan Korea, sehingga jumlah total bahasa yang didukung sampai 15. Pada Desember 2000 Google toolbar dirilis.

Google semakin kuat sejak saat itu. Membuat Google menjadi situs mesin pencari terbesar dan terbaik saat ini, dengan beberapa perangkat tambahan. Google akan terus berada di puncak selama bertahun-tahun yang akan datang.


 

Penamaan Google



Nama Google dengan dua 'o' pun unik. Sebab, jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah 'o' akan muncul sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari.

Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0).

Luar biasa. Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tak pula atom.

Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia saiber tempat informasi melimpah tanpa batas.




Baca Juga:
Dijatuhkan Berulang kali, Begini Nasib Galaxy Note 4! 
Kecemplung di Laut 2 Bulan, Xperia Z2 Masih Berfungsi
Moto E, Motorola Canggih Harga Ekonomis 











Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Recent Post

Sample Footer