Susah Fokus? Ikuti Langkah Sederhana Ini!

Fokus dalam Bekerja

Sering tidak Fokus dan mengalami Kesulitan untuk fokus dalam menghadapi tugas - tugas di hadapan anda seperti melayani pelanggan, mengurusi karyawan, mengecek data keuangan, bisa saja justru tugas - tugas tersebut malah tidak terselesaikan dengan baik.  


Otak tidak bisa melakukan pekerjaan secara multitasking, yaitu melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Bila dipaksakan, pekerjaan tersebut akan tidak maksimal. Anda akan membuat banyak kesalahan, tidak teliti, dan sering melewatkan banyak hal. Lakukanlah tips-tips berikut ini agar otak tetap fokus:

1. Lakukan terlebih dahulu pekerjaan yang membutuhkan kreativitas 

Biasanya, Anda melakukan pekerjaan yang mudah dan tidak membutuhkan daya pikir terlebih dahulu. Ubahlah kebiasaan tersebut, sebab hal ini mengakibatkan energi cepat habis dan Anda sudah terlalu lelah untuk melakukan pekerjaan yang lebih penting. Sejam saja otak Anda bekerja, sudah menghabiskan sangat banyak energi dibandingkan semula.
Pada dasarnya, semua pekerjaan membutuhkan energi. Karena itu, biasakan untuk memprioritaskan pekerjaan yang butuh kreativitas di pagi hari, saat Anda masih fresh. Barulah Anda melanjutkan dengan yang lebih mudah.

2. Temukan Waktu Prima Anda (Prime Time)

Prime time adalah waktu dimana otak Anda bekerja lebih cemerlang dan lebih maksimal dari biasanya. Setiap orang mempunyai prime time yang berbeda-beda. Inilah asal muasal orang dengan tipe early bird dan tipenocturnal.

Orang-orang yang mempunyai tipe early bird biasanya lebih suka bekerja di pagi hari, senang bangun pagi-pagi dan mengerjakan sesuatu selagi masih pagi. Jika Anda merasa prime time Anda adalah di pagi hari, kerjakanlah tugas-tugas penting yang membutuhkan banyak pikiran pada saat itu. Sebaliknya, orang dengan tipe nocturnal mempunyai prime time di malam hari.
Selain itu, lingkungan juga mempunyai faktor yang membuat Anda bekerja lebih baik. 90% orang merasa mempunyai pikiran yang segar ketika berada di luar kantor. Anda mungkin nyaman bekerja di luar ruangan atau bekerja sambil mendengarkan musik.

3. Melatih otak Anda setiap harinya

Saat multitasking menjadi “wajar” Anda menjadi “terbiasa” hidup dengan gangguan yang dapat mengalihkan perhatian. Otak kita sangat mudah beradaptasi dengan kondisi ini. Kehilangan fokus pun berubah menjadi kebiasaan.
Latihlah fokus Anda dengan mematikan seluruh gangguan (seperti mengakses akun social media  Anda.) Anda dapat memulainya dengan 5 menit sehari dan perlahan-lahan Anda akan terbiasa untuk fokus sepanjang prime-time Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Recent Post

Sample Footer